Minggu, 08 Januari 2017

Perkembangan Matematika pada Zaman Kejayaan Islam

Assalamu’alaikum guys......

Disini aku mau ceritain tentang presentasi kelompok 15 dan kelompok 16. Kelompok 16 adalah kelompokku^^. Kelompok 15 dan 16 mempresentasikan tentang “Perkembangan Matematika Pada Zaman Kejayaan Islam dan Penyebab Kemunduran”. 
Pada saat presentasi mereka menjelsakan tentang perkembangannya dan tokoh-tokohnya. Tapi sebelum presentasi, Elvin salah satu penyajinya deg-degan banget. Dia latihan presentasi dan aku yang mendengarkan dia. Aku pun juga begitu. Tapi si Elvin lucu banget kalau deg-degan. Padahal Fitria (penyaji satunya) santai-santai aja.

Kemudian saat presentasi, Elvin sangat bagus saat menjelaskan apa penyebab-penyebab kemajuan matematika. Dan akhirnya dia bisa mengatasi deg-degannya. Meski agak kedengaran nerves sih. Kemudian Fitria, dia menjelaskan tokoh-tokoh islam yang menjadi ilmuwan matematika. Seperti al Khawarizmi dan Abu Wafa. Tapi, Fitria ternyata juga nerves sampai dia hampir lupa apa yang akan dia bicarakan. Tapi akhirnya dia ingat dan lanjut mempresentasikan materi pembahasannya. Karena terlalu deg-degan, perkataan dia terputus-putus.

Masa kejayaan matematika terjadi pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid dan putranya Al ma’mun. Yang menjadikan kemajuan matematika pada saat itu karena banyak penerjemah buku-buku pengetahuan yang menerjemahkan buku berbahasa asing ke bahasa Arab. Karena berkembangnya ilmu, maka didirikanlah Baitul Hikmah di Baghdad pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid dan kemudian diperbesar oleh Khalifah Al Ma’mun.

Salah satu tokoh saat itu adalah Al Khawarizmi. Al Khawarizmi merupakan penerjemah buku-buku berbahasa asing dan diterjemahkan ke bahasa Arab. Salah satu karyanya yaitu dia pencetus teori algoritma dan aljabar. Dia juga merumuskan tabel trigonometri. Selain Al Khawarizmi terdapat Abu Wafa. Abu Wafa merupakan ilmuwan muslim yang menyusun rumus identitas trigonometri dan ia juga membentuk rumus geometri untuk parabola.

Kemudian kemunduran matematika terjadi karena tentara Mongol menyerang Baghdad dan menghancurkan Baitul Hikmah. Semua buku-buku ditenggelamkan di sungai Tigris hingga sungai Tigris menjadi hitam akibat tinta yang luntur. Selain itu, ada beberapa penyebab kemunduran yaitu fktor internal dan eksternal. Faktor interbal karena lemahnya komunikasi dan rasa saling percaya satu sama lain para menerintah sangat rendah. Tidak adanya aturan baku sehingga terbelahnya suara di dalam istana dan menyebabkan konflik internal. Lemahnya ekonomi karena pajak yang berlebihan. Sedangkan faktoreksteralnya karena persaingan antar bangsa, perang salib, karena orang non muslim iri dengan orang muslim yang mengalami kemajuan sehingga orang non muslim menyerang. Dan faktor lain yaitu serangan bangsa Mongol yang menghancurkan Baghdad dan menimbulkan kematian dimana-mana.

Meskipun mengalami kemunduran, masih ada ilmuwan muslim saat itu seperti Al Qalasadi. Al Qalasadi merupakan orang yang menggunakan karakter huruf Arab sebagai simbol-simbol matematika. Ia juga merupakan orang pertaman yang menggunakan simbol pada notasi pecahan dan menyempurnakan teori dari Al Bana.

Waktu udah selesai presentasi kan ada sesi tanya jawab kan..... nah saat itu ada 2 orang penanya yaitu temanku mbak Richa sama Inayak. sedangkan untuk kelompok 15 yang bertanya yaitu Arif dan Wahyu. Terus soal dari mbak Richa udah dijawab sama Rizal. Jadi aku jawab pertanyaan dari Inayak. Soalnya itu gini guys “Apa hubungan dari aljabar dengan geometri” nah itu tadi soalnya. Terus aku kan belum terlalu paham tuh apa hubungannya, akhirnya aku coba searching di internet tuh dan ternyata hubungannya dalam menghitung geometri bisa menggunakan aljabar utuk. Maka dari itu, aljabar dan geometri mempunyai hubungan. Kemudian ada pertanyaan untuk kelompok 15 tentang apa perbedaan trigonometri Al Khawarizmi dengan trigonometri AbuWafa. dan jawaban dari pemakalahadalah Al Khawarizmi itu menciptakan dasar-dasar trigonometrinya seperti sin, cos, tan. sedangkanAbu Wafa itu menciptakan identitas trigonometrinya. dan ada pertanyaan lagi apa yang dimaksud tentang zaman kegelapan. jawaban pemakalah yaitu zaman kegelapan adalah zaman dimana orang-orang islam tertinggal dalam ilmu pengetahuan.

Kan aku presentasi terakhir nih, aku sabegai kelompok penutup dari presentasi filsafat pendidikan matematika ini. Dan dari dosen ku menyuruh audien buat milih 2 presentator terbaik kemudian yang terpilih adalah aku dan temanku Elvin. Dia dari kelompok 15. Kemudian pertanyaan paling bagus yaitu dari Inayak. dan kami akhirnya mendapat reward dari dosen kami yaitu pak Kusaeri sebuah pensil isian. Semoga pensil yang diberikan dapat menjadi motivasi untuk kita agar dapat lebih giat belajar dan maju untuk keepannya nanti. Aamiin.....


Wassalamu’alaikum sahabat CORETANKU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar