Minggu, 08 Januari 2017

Elemen Ideologi Pendidikan Matematika

Assalamu’alaikum guys.....
Ketemu lagi dengan saya^^
Kali ini saya akan mereview presentasi kelompok 5 dan 6 Filsafat Pendidikan Matematika. Nah materi presentasi dari kelompok ini yaitu menjelaskan tentang Elemen Ideologi Pendidikan Matematika


Jujur saja, saya sebenarnya kurang paham dari apa yang dijelaskan oleh teman-teman saya yang presentasi. Karena pada saat itu audien tidak diberikan pegangan untuk presentasi itu. Jadi saya sebagai audien hanya melihat dan mendengarkan. Dan mereka menjelaskannya itu membaca semua yang ada di makalah dan tidak menggunakan bahasa mereka sendiri saat menjelaskan, jadi terkesan monoton dan kurang asik didengernya. Dan pada saat itu dosen saya mengkritik makalah dan cara presentasi kelompok 5 yang masih terkesan sangat kurang cara menyampaikan dan makalah yang susunannya tidak sesuai.

Makalah mereka berisi tentang tujuan pendidikan matematika. Awalnya saya kurang paham, tapi setelah saya memabaca beberapa referensi saya dapat memahami apa itu tujuan pendidikan matematika. Salah satu tujuan pendidikan matematika yaitu melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik sebuah kesimpulan, mengembagkan kekreatifan seseorang , mengembangkan kemampuan untuk memecahlan masalah dan mengembangkan kemampuan dalam penyampaian informasi. Dalam penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan cara lisan,menggunakan grafik, diagram maupun peta. Itu tadi adalah pemahaman yang saya pahami ketika membaca referensi lain.

Sedangkan ideologi itu adalah pedoman yang dipakai oleh semua kelompok sebagai dasar cita-cita. Ideologi pendidikan matematika merupakanide-ide yang dikemukakan oleh beberapa orang. Ideologi matematika sangat berhubungan dengan tujuan pendidikan matematika. Model ideologi matematika terdiri dari elemen primer dan elemen sekunder. Pada elem primer terdapat epistemologi, filsafat matematika, teori anak, teori masyarakat dan tujuan pendidikan. Sedangkan teori sekonder tardapat teori-teori pengetahuan , teori penilaian pembelajaran matematika.

Itu lah apa yang dapat saya dapat dari presentasi teman saya. Untuk teman-teman pembaca setia blog ku. Pesan ku pada kalian yaitu “persiapkan segala sesuatu dengan matang”. Kenapa persiapkan dengan matang? Karena apapunyang kita siapkan dengan matang insyaallah hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dan jangan lupa berdo’a pada Tuhan ya....^^

Sekian review presentasi dari saya. Dan sampai jumpa pada review presentasi selanjutnya.....
Wassalamu’alaikum sahabat coretanku......^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar