Minggu, 08 Januari 2017

Epistemologi dan Etic Filsafat Pendidikan Matematika

Assalamu’alaikum guys......

Disini saya mau memposting tentang presentasi kelompok tiga dan empat nih. Mereka membahas materi tetang Epistemologi dan Etic Fisafat Pendidikan Matematika.

Pemahaman yang saya dapat setelah mendengarkan presentasi mereka dan karena telah membaca
materi yang berkaitan dengan presentasi mereka, bahwa epistemologi itu teori tentang ilmu pengetahuan, jadi epistemologi itu ilmu yang mencari tahu tentang suatu kebenaran yang mendasar dan logis. Ruang lingkup epistemologi itu sangat luas. Karena manusia mengkaji segala sesuatu yang ada di bumi maupun diluar bumi.

Epistemologi terjadi sejak zaman Yunani kuno. Pengetahuan didasari dengan keingin tahuan manusia karena manusia beranggapan bahwa ilmu pengetahuan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka. Pengetahuan terjadi karena kesadaran manusia bahwa ilmu pengetahuan itu penting dan akhirnya muncul pemikiran, memahami dan mempertanggung jawabkan apa yang telah dipirkannya dan membuktikan bahwa itu benar atau tidak.

Epistemologi itu memberikan kepercayaan bahwa manusia mampu mencapai pengetahuan. Karena manusia dapat memeroleh kepastian dari pengetahuan tersebut, dan epistemologi dapat membedakan mana pengetahuan yang benar dan mana pengetahuan yang tidak benar, karena dalam epistemologi kita dapat membandingkan mana yang benar dan mana yang salah.

Sedangkan untuk materi tentang etic, saya dapat memahami bahwa etika dan moral itu berbeda. Moral itu adalah perbuatannya, sedangkan etika adalah kajiannya yaitu kajian dari moral  itu sendiri. Sedangkan filsafat sendiri yaitu pemikiran seseorang terhadap sesuatu.

Dan hubungan dari filsafat dengan etika yaitu etika merupakan salah satu komponen dari filsafat. Karena perkembangan ilmu pengetahuan, maka etika menjadi ilmu sendiri dan mempunyai identitas sendiri. Etika merupakan batasan-batasan dengan nilai ketentuan yang baik atau yang buruk. Filsafat dan etika itu membahas tentang manusia.

Etika lahir pada abad ke-6 SM di Yunani kuno karena para filsuf-filsuf heran mengapa ada perbuatan yang disebut dengan baik dan terpuji sedangkan ada perbuatan yang disebut tercela. Dan akhirnya lahirlah ilmu baru yaitu etika yang merupakan cabang dari filsafat.

Etika filsafat juga berperan penting dalam pendidikan matematika, karena bermanfaat untuk mematuhi aturan-aturan yang sudah menjadi rumus matematika. Adanya etika dalam matematika agar tidak terjadi perbedaan dalam penggunaan rumus yang telah disepakati dan agar tidak mengubah-ubah rumus sesuai keinginan sendiri.

Pada sesi pertanyaan, saya bertanya pada kelompok 3 mengenai isi dari makalahnya tentang ruang lingkup epistemologi. Saya bingung, karena di awal makalah disebutkan bahwa ruang lingkup epistemologi itu terbatas. Sedangkan pada isi makalah yang dijelaskan disebutkan bahwa ruang lingkup epistemologi tidak terbatas. jadi saya bertannyya pada pemakalah ruang lingkup epistemologi yang terbatas itu bagaimana dan ruang lingkup epistemologi yang tidak terbatas itu bagaimana. tetapi, pemakalah kebingunganmenjawab pertanyaan saya dan akhirnya dosen saya menyuruh pemakalah untuk merevisi makalahnya tentangpertanyaan saya itu dan akhirnya pertanyaan saya itu dijadikan PR untuk pemakalah.

Itu tadi adalah materi yangsaya tangkap mengenai presentasi kelompok tiga dan empat. Semoga bermanfaat untuk sahabat CORETANKU

Wassalamu’alaikum sahabat CORETANKU^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar