Minggu, 08 Januari 2017

Perkembangan Matematika di Zaman Yunani Kuno dan Persia

Assalamu’alaikum guys......

Kembali lagi di CORETANKU yang akan membahas tentang presentasi Filsafat Pendidikan Matematika. Kali ini saya akan mereview penampilan kelompok 11 dan 12 yang mempresentasikan tetang “Perkembangan Matematika di Zaman Yunani Kuno dan Persia”.


Disini teman saya yang bernama Himmatul dan Fenny mempresentasikan tentang perkembangan matematika di zaman Persia. Menurut saya, penampilan mereka sudah bagus meskipun masih terlihat deg-degan tapi akhirnya juga lancar dalam mempresentasikan materinya.

Dari materi yang mereka sampaikan, saya dapat memahami bahwa pada saat itu Persia merupakan pusat dari ilmu pengetahuan. Persia juga biasa disebut Baghdad, tapi pada saat ini dikenal dengan nama Iran. Pada masa Dinasti Abassyiyah yang diperintah oleh Raja Al Ma’mun, berdiri House of Wisdom. House of Wisdom merupakan perpustakaan terbesar pada saat itu yang dikhususkan untuk buku-buku yang diterjemahkan dalam bahasa Arab. Salah satu yang menerjemahkan adalah Al Khawarismi.

Pada tahun 1258 terjadi  invasi Mongol di Baghdad. House of Wisdom dihancurkan, buku-buku dibuang ke sungai sehingga sungai berwarnan hitam karena terkena tinta buku yang luntur. Mengapa House of Wisdom dihancurkan? Karena orang non-muslim pada saat itu iri dengan orang muslim mengapa orang muslim dapat mencapai puncak kejayaan pengetahuan. Mereka mencari tahu dan akhirnya mereka tahu bahwa House of Wisdom lah yang menjadi penyebab kemajuan umat muslim. Karena umat muslim dapat membaca buku pengetahuan yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab sehingga umat muslim mendapat ilmu dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dari membaca tersebut. Persia ikut andil dalam perkmebangan matematika dengan memunculkan ilmuwan-ilmuwan muslim seperti Al-Khawarizmi, Abu Wafa, Sharaf al Din al Tusi, Abu Raihan al Biruni dan Al-Khazin.

Pada saat sesi pertanyaan ada pertanyaan mengapa House of Wisdo dihancurkan? Pemakalah pun menjawab karena terjadi invasi si Mongol dan menyerang Baghdad. Perpustakaan berada di Baghdad untuk menjadikan pusat informasi, sehingga House of Wisdom dihancurkan.

Sedangkan untuk presentasi kelompok 12 pematerinya dalam menjelaskannya terlalu cepat. Pada masa perkembangan matematika di zaman Yunani Kuno terdapat masa Helenistik. Pada masa Helenistik ini, matematika tumbuh dari matematika Yunani dan matematika Babilonia. Pada masa ini ditemukan alat untuk menghitung. Pencapaian matematika pada zaman Yunani kuno adalah bilangan bulat dan bilangan real.

Pada saat sesi tanya jawab, teman saya ada yang bertanya apakah pada zaman Yunani kuno ada peninggalan-peninggalannya atau dokumentasi-dokumentasinya. Dan pemakalah pun menjawab bahwa dokumentasi ada, tetapi bukan dokumentasiberupa tulisan-tulisan melainkan kalkulatormekanik yang ditemukan dan dimusiumkan.

Itu tadi review presentasi dari kelompok 11 dan 12. Sekilas pemahaman saya tentang perkembangan matematika pada zaman Yunani kuno dan Persia. Semoga bermanfaat ^^

Wassalamu’alaikum sahabat CORETANKU.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar