Minggu, 08 Januari 2017

Perkembangan Matematika di Zaman Babilonia Kuno dan Mesir

Assalamu’alaikum guys.....

Disini saya mau melanjutkan postingan saya tentang presentasi Filsafat Pendidikan Matematika. Tapi pada review ini saya akan membahas tentang sejarah perkembangan matematika. Teman saya yang presentasi adalah kelompok 9 dan 10 yang membahas tentang perkembangan matematika pada zaman Babilonia kuno dan Mesir. 

Saya suka dengan presentasi mereka karena mereka sangat aktif terhadap audien sehingga audien tidak bosan dalam mendengarkan presentasi mereka. Saya juga sempat dipanggil ke depan loh buat jelasin apa yang ada pada presentasi mereka. Pada saat itu mereka tanya ke saya apa saja bukti yang ditemukan pada zaman Babilonia mengenai perkembangan matematika pada saat itu. Yaudah saya jawab aja ditemukan sekitar 400 lempengan tertulis pada masa Babilonia turunan bangsa Sukrania yaitu tabel perkalian, pecahan, aljabar, persamaan linier, invers dsb. Mungkin mereka kira saya tidak mendengarkan presentasi mereka, padahal saya memperhatika banget meskipun mata saya tidak tertuju pada mereka hehehhe.

Okay sekarang saya akan memberi tau kalian apa saja yang saya dapat ketika mereka sedang presentasi. Babilonia itu merupakan peradaban tertua di dunia. Babilonia sekarang terkenal dengan nama Irak. Pada zaman itu pusat matematika berada di Babilonia. Dan tulisan dari ilmuwan-ilmuwan di Babilonia masih dipakai sebagai rujukan sampai sekarang loh. Bukti bahwa matematika berkembang di Babilonia pada saat itu yaitu ditemukannya sekitar 400 lempengan tertulis yang isinya mengenai aljabar,tabelperkalian, pecahan dll.

Sistem bilangan yang digunakan di Babilonia pada saat itu sangat unik. Hanya terdapat dua simbol. Yaitu simbol seperti paku (melambangkan satuan) dan simbol kurang dari, tetapi ditengahnya seperti ada garisnya (melambangkan puluhan) . Kemudian cara penulisannya yaitu puluhan dahulu kemudian satuan. Sistem bilangannya menggunakan basis 60. Dan memiliki pola bilangan.

Sedangkan tentang presentasi kelompok 10 mengenai perkembangan matematika di zaman Mesir dapat saya pahami bahwa pada saat itu matematika berkembangdi Mesir denganditemukannya naskah kuno yangberisi catatan matematika dan papyrus matematika mesir kuno. Papyrus sendiri yaitu alat tulis yang menyerupai kertas.

Sistem bilangannya menggunakan sistem hieroglif. Hieroglif adalah gambar-gambar kecil yang mewakili katakata. Seperti angka 1 = I (romawi). Keudianuntuk cara penulisannya sendiri yaitu dari kanan ke kiri. Untuk ratusan menggunakan simbol yang seperti ekor anjing yang melingkar. Kemudian untuk puluhan seperti sepatu kuda. Dan untuk satuan menggunakan simbol seperti angka 1 romawi.

Perkembangan matematika di Mesir pada saat itu terdapat digunakan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan perhitungan luas bangun datar (lahan). Untuk penjumlahan dan pengurangan cara menggunakan simbol yaitu ratusan sebelah kanan, puluhan sebelah tengah, dan satuan sebelah kiri.untuk perkalian dan pembagian Mesir modern yaitu dengan membentuk dua kolom. Kolom sebelah kiri adalah KPK nya dankolom sebelah kanan adalah perkalian dikalikan dua.. begitu juga dengan pembagiannya. Untuk perhitungan luas lahan karena pada saat itu lahan berganti-ganti luasnya karena sungai nil yang meluas. Dan dasar segitiga phytagoras itu karena pada saat Phytagoras pergi ke Mesir dan melihat sebuah bangunan (phyramid), dia penasaran dengan tinggi dan sisi miring bangun tersebut. Sehingga muncullah perhitungan phytagoras.

Dan pada sesi pertanyaan, ada teman saya yang bertanya mengapa kok di Babilonia cara penulisan angka 9 dengan cara menumpuk simbol menjadi tiga tumpukan. Kemudian sang pemateri menjelaskannya mengapa itu ditulis tiga tumpukan karena di babilonia hanya mengenal simbol 1 dan 10. Angka 9 disusun dari simbol-simbol angka 1 yang disusun 3 kesamping dan 3 kebawah. Jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 9. Maka dari itu cara menulis angka 9 dengan menumpuk simbol 3 ke bawah.

Nah itu tadi review dari saya dan apa yang saya dapat dari presentasi teman saya. Semoga dengan ini dapat bermanfaat dan sekalian digunakan untuk curhat heheheh

Wassalamu’alaikum sahabat CORETANKU.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar