Assalamu’alaikum
guys......
Disini
aku mau ceritain tentang presentasi kelompok 15 dan kelompok 16. Kelompok 16
adalah kelompokku^^. Kelompok 15 dan 16 mempresentasikan tentang “Perkembangan
Matematika Pada Zaman Kejayaan Islam dan Penyebab Kemunduran”.
Kemudian
saat presentasi, Elvin sangat bagus saat menjelaskan apa penyebab-penyebab
kemajuan matematika. Dan akhirnya dia bisa mengatasi deg-degannya. Meski agak
kedengaran nerves sih. Kemudian Fitria, dia menjelaskan tokoh-tokoh islam yang
menjadi ilmuwan matematika. Seperti al Khawarizmi dan Abu Wafa. Tapi, Fitria
ternyata juga nerves sampai dia hampir lupa apa yang akan dia bicarakan. Tapi
akhirnya dia ingat dan lanjut mempresentasikan materi pembahasannya. Karena
terlalu deg-degan, perkataan dia terputus-putus.
Masa
kejayaan matematika terjadi pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid dan putranya Al
ma’mun. Yang menjadikan kemajuan matematika pada saat itu karena banyak
penerjemah buku-buku pengetahuan yang menerjemahkan buku berbahasa asing ke
bahasa Arab. Karena berkembangnya ilmu, maka didirikanlah Baitul Hikmah di
Baghdad pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid dan kemudian diperbesar oleh
Khalifah Al Ma’mun.
Salah
satu tokoh saat itu adalah Al Khawarizmi. Al Khawarizmi merupakan penerjemah
buku-buku berbahasa asing dan diterjemahkan ke bahasa Arab. Salah satu karyanya
yaitu dia pencetus teori algoritma dan aljabar. Dia juga merumuskan tabel
trigonometri. Selain Al Khawarizmi terdapat Abu Wafa. Abu Wafa merupakan
ilmuwan muslim yang menyusun rumus identitas trigonometri dan ia juga membentuk
rumus geometri untuk parabola.
Kemudian
kemunduran matematika terjadi karena tentara Mongol menyerang Baghdad dan
menghancurkan Baitul Hikmah. Semua buku-buku ditenggelamkan di sungai Tigris
hingga sungai Tigris menjadi hitam akibat tinta yang luntur. Selain itu, ada
beberapa penyebab kemunduran yaitu fktor internal dan eksternal. Faktor
interbal karena lemahnya komunikasi dan rasa saling percaya satu sama lain para
menerintah sangat rendah. Tidak adanya aturan baku sehingga terbelahnya suara
di dalam istana dan menyebabkan konflik internal. Lemahnya ekonomi karena pajak
yang berlebihan. Sedangkan faktoreksteralnya karena persaingan antar bangsa,
perang salib, karena orang non muslim iri dengan orang muslim yang mengalami
kemajuan sehingga orang non muslim menyerang. Dan faktor lain yaitu serangan
bangsa Mongol yang menghancurkan Baghdad dan menimbulkan kematian dimana-mana.
Meskipun
mengalami kemunduran, masih ada ilmuwan muslim saat itu seperti Al Qalasadi. Al
Qalasadi merupakan orang yang menggunakan karakter huruf Arab sebagai
simbol-simbol matematika. Ia juga merupakan orang pertaman yang menggunakan
simbol pada notasi pecahan dan menyempurnakan teori dari Al Bana.
Waktu
udah selesai presentasi kan ada sesi tanya jawab kan..... nah saat itu ada 2
orang penanya yaitu temanku mbak Richa sama Inayak. sedangkan untuk kelompok 15
yang bertanya yaitu Arif dan Wahyu. Terus soal dari mbak Richa udah dijawab
sama Rizal. Jadi aku jawab pertanyaan dari Inayak. Soalnya itu gini guys “Apa
hubungan dari aljabar dengan geometri” nah itu tadi soalnya. Terus aku kan
belum terlalu paham tuh apa hubungannya, akhirnya aku coba searching di
internet tuh dan ternyata hubungannya dalam menghitung geometri bisa
menggunakan aljabar utuk. Maka dari itu, aljabar dan geometri mempunyai
hubungan. Kemudian ada pertanyaan untuk kelompok 15 tentang apa perbedaan trigonometri Al Khawarizmi dengan trigonometri AbuWafa. dan jawaban dari pemakalahadalah Al Khawarizmi itu menciptakan dasar-dasar trigonometrinya seperti sin, cos, tan. sedangkanAbu Wafa itu menciptakan identitas trigonometrinya. dan ada pertanyaan lagi apa yang dimaksud tentang zaman kegelapan. jawaban pemakalah yaitu zaman kegelapan adalah zaman dimana orang-orang islam tertinggal dalam ilmu pengetahuan.
Kan
aku presentasi terakhir nih, aku sabegai kelompok penutup dari presentasi
filsafat pendidikan matematika ini. Dan dari dosen ku menyuruh audien buat
milih 2 presentator terbaik kemudian yang terpilih adalah aku dan temanku
Elvin. Dia dari kelompok 15. Kemudian pertanyaan paling bagus yaitu dari
Inayak. dan kami akhirnya mendapat reward dari dosen kami yaitu pak Kusaeri
sebuah pensil isian. Semoga pensil yang diberikan dapat menjadi motivasi untuk
kita agar dapat lebih giat belajar dan maju untuk keepannya nanti. Aamiin.....
Wassalamu’alaikum
sahabat CORETANKU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar